Thursday, December 13, 2012

Body Language Ampuh Sebagai Media Pembelajaran Speaking



Menjelang giliranku untuk Pair Teaching tiba – tiba aku berubah pikiran untuk mengubah sekenario mengajarku yang awalnya menggunakan media picture series menjadi media body language. media Body Language pernah aku dapatkan dalam sebuah pelatihan mengajar. Dan hasilnya cukup memuaskan bahkan nilaiku paling tinggi.apa itu media “Body Language and Gesture” dalam mengajar Speaking?
Body language secara sederhana berarti bahasa tubuh dan Gesture berarti juga bahasa dengan gerakan tubuh. bagaimana hal tersebut bisa menjadi media dalam pengajaran Speaking? Pada dasarnya siswa secara umum sudah mendapatkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris yang tidak sedikit, hal ini karena bahasa Inggris sudah dikenalkan sejak tingkat taman kanak – kanak. sehingga yang terpenting adalah bagaimana memunculkan ingatan kosakata mereka dengan menerka atau menebak gesture, dimana gesture tersebut terangkai dalam sebuah satu kesatuan cerita yang sederhana. sederhana sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa siswa.  untuk lebih memahaminya mari kita simak langka – langkah inti pembelajarannyya, monggo…….
  1. Guru memberikan menuliskan keterangan waktu (adverb of  time) di papan tulis, contoh; One mrning, and, then suddenly, finally
  2. Guru meminta untuk menerka gesturnya untuk membangun sebuah kalimat dalam paragraf sederhana secar lisan
  3. Guru mengulang – ulang sampai semua siswa mampu menebaknya dengan benar
  4. Guru membenarkan tebakan siswa dan meminta terus menebak jika tebakan siswa masih salah
  5. Setelah tebakan kata telah usai dan menjadi sebuah kesatuan cerita guru meminta siswa mengulang untuk memperlancar jalannya cerita.

No comments:

Post a Comment